BeritaJakarta BerketahananKegiatan

Kunjungan Tim Jakarta Berketahanan ke Jakarta Smart City

Jakarta, 27 Juni 2019-Dalam rangka persiapan peluncuran strategi ketahanan, Tim Jakarta berketahanan sedang melakukan pencarian data dalam mendukung dokumen Strategi Ketahanan Kota Jakarta yang rencananya akan diluncurkan 24 Juli 2019 sehingga kunjungan kepada Jakarta Smart City(JSC) ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dengan meminta data dan informasi mengenai Jakarta dalam perspektif kebertahanan khususnya Pilar “TERHUBUNG” .

Tim Jakarta berketahanan menemui Tim Jakarta Smart City yaitu bagian Data dan Analisis. Data yang diminta kepada JSC  adalah data Aksesbilitas dan Mobilitas. Secara rinci data yang diminta saat ini akses informasi publik dan jumlah pengaduan yang masuk dan berhasil direspon serta beberapa data kebencanaan lainnya.

Jakarta smart city memiliki data tersebut dan sedang mengembangkan akses data yang bisa dikunjungi secara publik terkait kebencanaan lebih khususnya Polusi Udara. Karena JSC sendiri sedang membuat pekerjaan yang sama untuk memberikan data-data yang dibutuhkan terkait Kegiatan Strategis Daerah (KSD) seperti halnya Tim Jakarta berketahanan lakukan, sehingga perlu ada koordinasi yang jelas terkait data apa yang diperlukan dalam pengkajian tersebut agar tidak terjadi tumpang tindih.

Beberapa potensi kerjasama yang dapat dilakukan dengan JSC yaitu :

  • Bertukar data dan infomasi yang dimliki masing-masing intansi, sehingga data yang dimiliki akan jauh lebih lengkap. terutama koneksi Jakarta berketahanan dengan dinas terkait terutama Dinas Lingkungan Hidup dimana JSC membutuhkan data terkait Polusi Udara yang sedikit sulit untuk diakses.
  • Kerja sama pada saat peluncuran Strategi Ketahanan Kota Jakarta dan kegiatan setelah itu yaitu Forum Rutin Jakarta Berketahanan sehingga banyak pihak yang diundang disana dapat membantu untuk memperkaya data-data dari JSC yang akan digunakan Tim Jakarta berketahaan juga.
  • Kerja sama dalam pengumpulan database dari Tim Jakarta Berketahanan.

Pertemuan pertama berjalan dengan baik dan merumuskan potensi-potensi kerja sama kedepanya antara Sekretariat Jakarta Berketahanan dan Jakarta Smart City yang ditutup dengan kesepakatan akan ada pertemuan antara JSC dan CRO Jakarta berketahanan dalam menindaklanjuti kerja sama yang akan dilakukan.

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com