BeritaJakarta BerketahananKegiatanLingkungan Hidup

Menghadiri Pembentukan Gerakan Pemuda Peduli Lingkungan Hidup Lintas Agama

Membahas tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup dan pembentukan Gerakan Pemuda Lingkungan Hidup Lintas Agama

Jakarta, 11 Januari 2019

Tim Sekretariat Jakarta Berketahanan memenuhi undangan pembentukan Gerakan Peduli Lingkungan Hidup yang dihadiri oleh perhimpunan pemuda lintas agama, lembaga non-profit, dan institusi yang memiliki perhatian lebih terhadap isu lingkungan hidup, yang diwadahi oleh Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Majelis Ulama Indonesia (LPLH SDA MUI). Pertemuan tersebut bertujuan untuk memaparkan urgensi terkait lingkungan dan dampak dari pemanasan global.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam pertemuan ini terdapat 3 (tiga) paparan, yaitu: (i) ICLEI terkait permasalahan lingkungan; (ii) Hutan Itu Indonesia terkait kampanye urgensi menjaga kelestarian hutan ; (iii) LPLH SDA MUI terkait program-program yang telah dilakukan.

Pertama, pihak ICLEI menjelaskan mengenai permasalahan lingkungan yang terjadi di bumi saat ini, seperti pemanasan global dan perubahan iklim. Dari permasalahan tersebut, dipaparkan bahwa perlu adanya tindakan yang nyata dengan melibatkan berbagai Hal ini juga sesuai dengan target pembangunan DKI Jakarta pada tahun 2020 yaitu menuju pembangunan rendah emisi.

Kedua, pihak HII menjelaskan mengenai pentingnya memelihara hutan, dan perlunya komunikasi, informasi, dan edukasi terkait pelestarian lingkungan.

Ketiga, pihak MUI menjelaskan bahwa telah adanya program terkait sanitasi, pelestarian, dan energi, salah satunya berupa program ecoMasjid. Program tersebut diharapkan dapat ditiru oleh rumah ibadah agama lain (ecoRumah ibadah).

Dalam pertemuan tersebut  disepakati bahwa aspek agama sebagai salah satu pedoman hidup masyarakat dapat menjadi wadah penyebaran nilai-nilai pentingnya menjaga lingkungan. Selain itu,  juga disepakati bahwa perlu adanya kontribusi nyata dalam upaya mewujudkan konservasi lingkungan hidup dengan membentuk gerakan pemuda lingkungan hidup lintas agama.

Lingkungan hidup merupakan salah satu aspek yang menjadi perhatian bagi Jakarta Berketahanan. Oleh karena itu, kegiatan ini memiliki potensi untuk membantu proses penyelesaian dan implementasi Strategi Ketahanan Kota Jakarta, khususnya di pilar SEHAT.

Berikut ini tautan unduhan dari paparan/materi yang dilaksanakan selama acara:

  1. Buku Haid & Kesehatan Menurut Islam
  2. Khutbah Jumat Air Kebersihan Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan Menurut Agama Islam
  3. Materi Pelatihan Dai Sanitasi: Pendampingan Saitasi Total Berbasis Masyarakat
  4. Air, Kebersihan, Sanitasi, dan Kesehatan Lingkungan Menurut Agama Islam
  5. Pergub NTB No. 15 Tahun 2016 ttg Pemotongan 2.5% Gaji untuk ZISWAF
  6. Fatwa ZISW untuk Air & Sanitasi
  7. Program Strategis Daftar Alokasi Program Kegiatan oleh BAZNAS
Show More

Related Articles