BeritaDokumenJakarta BerketahananKegiatanProdukPublikasi

Jakarta SIAP, SEHAT, dan SINERGIS untuk Jakarta yang Berketahanan

Strategi Ketahanan Kota Jakarta bertujuan untuk mendukung perwujudan Jakarta dan daerah metropolitan penunjangnya (Jabodetabek) sebagai kawasan perkotaan yang berketahanan. Hal ini berarti Metropolitan Jakarta siap dalam menghadapi tekanan dan guncangan yang dialami, serta mampu beradaptasi pada dinamika kehidupan perkotaan yang terjadi, yang tentunya mempertimbangkan kapasitas sumber daya dan posisi strategis Jakarta sebagai metropolitan dan ibukota negara Indonesia.

Adapun terdapat empat tujuan rinci dari penyusunan Strategi Ketahanan Jakarta ini, yaitu:

  • Jakarta sebagai Pusat Pembelajaran (Centre of Excellence) Kota Berketahanan
  • Strategi Ketahanan Kota Jakarta Berbasis Isu
  • Strategi Ketahanan Kota Jakarta sebagai Ruang untuk Berkolaborasi
  • Strategi Ketahanan Kota Jakarta sebagai Masukan bagi Perencanaan Kota

Visi dari Jakarta dalam mewujudkan Kota Berketahanan adalah:

 “Jakarta sebagai kota yang memberikan kesempatan yang sama bagi warganya untuk hidup aman, sehat, bahagia, dan sejahtera dengan mengembangkan inovasi dan pelayanan publik.

Pilar menuju Jakarta Berketahanan:

Pilar 1: JAKARTA SIAP

Jakarta Siap merupakan suatu bentuk komitmen untuk mewujudkan masyarakat di DKI Jakarta yang siap siaga terhadap berbagai tekanan dan guncangan yang dihadapi, termasuk risiko terhadap bencana dan dampak dari perubahan iklim. Jakarta yang siap dapat terlihat dari kapasitas yang memadai dari semua pemangku kepentingan, baik itu pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam menghadapi berbagai tekanan dan guncangan. Jakarta yang siap juga mengindikasikan bahwa perencanaan infrastruktur kota yang siap dan tahan terhadap bencana, termasuk layanan dasar masyarakat serta sistem transportasi.

Pilar 2: JAKARTA SEHAT

Jakarta Sehat merupakan serangkaian upaya untuk menciptakan kondisi masyarakat dan lingkungan perkotaan yang sehat dengan menjamin akses terhadap pelayanan air bersih, air limbah, dan pengelolaan persampahan yang berkelanjutan bagi semua. Jakarta yang sehat juga mampu menjamin dan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat dengan menyediakan layanan dasar yang mampu dijangkau oleh semua, sehingga setiap penduduk memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Upaya perwujudan Jakarta yang sehat juga sejalan dengan langkah-langkah untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana melalui pemahaman yang mendalam mengenai ancaman bencana hidrologis di Jakarta. Masyarakat Jakarta yang sehat juga akan mendorong mobilitas masyarakat dengan transportasi umum menjadi lebih mudah.

Pilar 3: JAKARTA SINERGIS

Jakarta Sinergis merupakan suatu bentuk komitmen untuk mewujudkan sistem transportasi di Jakarta yang lebih terpadu dan memiliki akses yang setara bagi semua, termasuk bagi kelompok penduduk rentan. Jakarta yang bersinergi diharapkan mampu meningkatkan mobilitas penduduk kota dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya serta meningkatkan produktivitasnya. Sinergitas di Jakarta sangat diperlukan untuk membangun budaya kesiapsiagaan terhadap bencana, terutama kerja sama dan koordinasi lintas sektor dan lintas wilayah administrasi. Selain itu, Jakarta yang sinergis juga mendukung pencapaian kualitas kesehatan masyarakat yang lebih baik dengan mendukung orang lebih aktif berjalan kaki.

Link terkait Strategi Ketahanan Kota Jakarta:

1. 3 (tiga) Pilar Jakarta Berketahanan,

Link: Pilar Jakarta Berketahanan

2. Infografis Pilar Jakarta Berketahanan,

Link: Infografis Jakarta Siap, Sehat, Sinergis

3.Draft Nol Strategi Jakarta Berketahanan,

Link: https://drive.google.com/file/d/1VvIj0-3A1mBto0vVIHAHg4rd-fT35d2W/view?usp=sharing https://issuu.com/jakberketahanan/docs/jakarta_draft_0_resilience_strategy

Show More

Related Articles