BeritaJakarta BerketahananKegiatan

Pertemuan dengan Perwakilan IAP / Ikatan Ahli Perencanaan DKI Jakarta

Pertemuan tim Sekretariat Jakarta Berketahanan dengan Perwakilan IAP / Ikatan Ahli Perencanaan DKI Jakarta terkait Kota Layak Anak

Jakarta, 27 Juli 2018

Pada Hari Jumat Tanggal 27 Juli 2018, tim Sekretariat Jakarta Berketahanan melakukan pertemuan dengan perwakilan Ikatan Ahli Perencana DKI Jakarta terkait Kota Layak Anak yang bertempat di Ruang Rapat Deputi Gubernur TRLH. Agenda pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas mengenai dokumen kota layak anak dalam konteks Tata Ruang di DKI Jakarta. Agenda pertemuan dipimpin oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta/CRO Jakarta Berketahanan dan dihadiri perwakilan Ikatan Ahli Perencana DKI Jakarta serta perwakilan Tim Jakarta Berketahanan.

Pertemuan dengan perwakilan IAP DKI Jakarta terkait Kota Layak Anak

 

Pada pertemuan tersebut, Deputi Gubernur TRLH menyampaikan kondisi terkini terkait DKI Jakarta sebagai Kota Layak Anak dalam bentuk Desain Besar. Deputi yang juga merupakan CRO Jakarta Berketahanan menjelaskan bahwa kebutuhan utama penyelarasan kota layak anak dengan tata ruang adalah adanya partisipasi anak dalam penentuan kondisi dan perencanaan kota. Aspek fisik yang harus diperhatikan diantaranya adalah lokasi, fasilitas, dan informasi.

Selain itu, tim Sekretariat Jakarta Berketahan juga menyatakan bahwa DKI Jakarta telah memiliki Forum Anak Jakarta yang telah mengikuti Musrenbang provinsi sehingga Forum Anak Jakarta tersebut dapat dijadikan narasumber dalam hal terkait penyesuaian program kota layak anak dengan tata ruang. Adapun tantangan yang harus diperhatikan dalam pembangunan RPTRA untuk mendukung program kota layak anak dengan taat ruang adalah pertimbangan keamanan, sarana dan prasarana pendukung, serta kebutuhan anak dalam beraktivitas di taman.

Untuk langkah selanjutnya, Tim Jakarta Berketahanan dan IAP DKI Jakarta akan berkoordinasi dengan Dinas PPAPP terkait dengan tindak lanjut konsep kota layak anak. Tim Jakarta Berketahanan dan Kedeputian Tata Ruang juga akan melihat 24 indikator kota layak anak dalam desain besar kota layak anak yang terkait dengan tata ruang.

Show More

Related Articles