BeritaJakarta BerketahananKegiatan

Pertemuan Tim Jakarta Berketahanan dengan Bappeda

Jakarta, 24 Juli 2018

Tim Jakarta Berketahanan melaksanakan pertemuan dengan Bappeda DKI Jakarta bertempat di Ruang Rapat Bappeda, Gedung G Lantai 13. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang P4 (Perencanaan, Pengembangan, dan Pemantauan Pembangunan) dan Tim Jakarta Berketahanan.Tujuan pertemuan untuk mengkoordinasikan rencana kerja strategi ketahanan kota dengan dokumen perencanaan dan pembangunan.

Pertemuan Tim Jakarta Berketahanan dengan Bappeda

Beberapa hal yang dibahas dalam agenda pertemuan tersebut diantaranya terkait dengan penyampaian progres strategi ketahanan kota oleh Tim Jakarta Berketahanan serta kebutuhan penyelarasan strategi ketahanan kota dengan dokumen perencanaan dan pembangunan. Penjelasan terkait dokumen perencanaan dan pembangunan oleh Kepala Bidang P4 yaitu terkait RKPD dikerjakan oleh bidang P3 (Perencanaan dan Pembiayaan Pembangunan) untuk mengkoordinasikan lebih lanjut mengenai sistem perencanaan  dan penganggaran daerah serta proses perencanaan berdasarkan Pemendagri Tahun 2006 untuk melihat proses perumusan RKPD hingga ke RAPBD.

Penyelarasan strategi ketahanan kota ke dalam dokumen perencanaan dan pembangunan disarankan untuk diinput dalam agenda Musrenbang Provinsi pada bulan November sehingga tahun 2019 bisa diimplementasikan. Input setelah Rancangan RKPD yaitu Rencana Kerja SKPD berdasarkan Instruksi Sekda yang diselaraskan dengan RPJMD dan berpedoman pada RTRW. Proses penyelarasan strategi ketahanan kota dengan Rancangan RKPD dapat menggunakan sistem tagging melalui sistem Pusat Data dan Informasi Bappeda.

Selanjutnya yang akan dilakukan oleh Tim Jakarta Berketahanan akan melakukan koordinasi langsung dengan Pak Andika Aji bidang P3 terkait dengan penyelarasan strategi ketahanan kota dengan prioritas pembangunan dalam Rancangan RKPD Tahun 2019 serta Tim Jakarta Berketahanan akan menghubungi kembali Bappeda untuk melakukan Working Session pada bulan Agustus terkait dengan perumusan kriteria tagging.

Show More

Related Articles