Jakarta BerketahananKegiatanLingkungan HidupTata Ruang

Forum Desain Besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta dan Update tentang Pelaksanaan Pertanian Perkotaan

Jakarta, 14 Maret 2018

Pada hari Rabu, 14 Maret 2018 telah dilaksanakan Pertemuan/Forum Desain Besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta dan Update Pelaksanaan Petanian Perkotaan di DKI Jakarta. Desain Besar Pertanian Perkotaan tersebut merupakan suatu upaya untuk mewujudkan masalah pangan serta sebagai acuan jangka panjang untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tujuan Umum Desain Besar Pertanian Perkotaan tersebut adalah “Jakarta Menjadi Pusat Inovasi dan Gerakan Pertanian Perkotaan”.

Tujuan dari pertemuan/forum tersebut adalah untuk menindaklanjuti kegiatan/program dari Desain Besar Pertanian Perkotaan yang telah diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta pada hari Selasa, 23 Januari 2018 lalu.

Forum tersebut dihadiri langsung oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup yang didampingi oleh Asisten Deputi bidang Tata Ruang dan Asisten Deputi bidang Lingkungan Hidup serta dihadiri oleh beberapa pihak yang berkepentingan, seperti: MURIA-KARINA; DKPKP; BKP; DISDIK; BSK; Diskominfotik; Sekretariat Jakarta Berketahanan; Agri Pro Focus; BPTP Jakarta; Jakarta Berkebun; DCKTRP; i-Grow; Dinas LH; Dinas PPAPP; LMK GS; Kelurahan Grogol Selatan dan Perwakilan dari Staff Kedeputian TRLH.

WhatsApp Image 2018-03-14 at 9.49.32 AM WhatsApp Image 2018-03-14 at 9.49.36 AM

Pada pertemuan tersebut turut dibahas 4 (empat) komponen penting dari Desain Besar Pertanian Perkotaan yang terdiri dari:

  1. Kebijakan dan Regulasi
  2. Pelaksanaan Pertanian Perkotaan
  3. Lingkungan Hidup
  4. Pemantauan, Evaluasi dan Pengelolaan Pengetahuan

Terdapat beberapa ide dan tindak lanjut yang diharapkan dapat terlaksana, seperti: (i) adanya potensi pemasaran yang disampaikan oleh pihak i-Grow dan ide terkait dengan Wisata Sorghum; (ii) untuk penyediaan lahan sebagai pilot project urban farming oleh Kelurahan Grogol Selatan seluas 1.3 Ha dapat menjadi salah satu inisiasi sebagai lokasi percontohan; (iii) akan dilaksanakan Urban Scape Expo. bersama dengan pihak GBCI sebagai salah satu pameran untuk pertanian perkotaan di DKI Jakarta; (iv) akan dilaksanakan pertemuan lanjutan sebagai bagian dari serangkaian program kegiatan Desain Besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta.

Sebagai tindak lanjut dari forum yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Maret 2018 tersebut, maka akan diadakan pertemuan-pertemuan lanjutan yang rencananya akan dilaksanakan setelah dilakukan Cross-Learning Visit to Seoul yang akan membahas mengenai:

  1. Rapat terkait Lokasi/Lahan Percontohan Pertanian Perkotaan yang terletak di Kelurahan Grogol Selatan;
  2. Rapat Pemasaran/Urban Farming Marketing; dan
  3. Rapat Rencana Tindak Aksi.
Show More

Related Articles