Jakarta BerketahananKegiatanLingkungan HidupTata Ruang

Stakeholders Workshop Inisiasi Penelitian UDARA di DKI Jakarta

WhatsApp Image 2018-03-01 at 12.05.15 PM

Jakarta, 1 Maret 2018

Pada hari Kamis, 1 Maret 2018 Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menghadiri acara Workshop Stakeholders Inisiasi Udara sebagai salah satu Keynote Speaker. Acara workshop tersebut merupakan kegiatan kerjasama antara Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) terkait dengan penelitian kualitas UDARA di DKI Jakarta. Term “UDARA” sendiri merupakan sebuah singkatan dari “Urban hybriD models for AiR pollution exposure Assessment”

Tujuan dari diadakannya workshop tersebut adalah sebagai penjajakan kerjasama dalam penggunaan data kualitas udara di DKI Jakarta serta pemanfaatan hasil penelitian untuk mendukung kebijakan terkait pengolahan kualitas udara DKI Jakarta. Tujuan tersebut lebih detail terdiri dari:

  1. Melakukan sosialisasi awal riset UDARA kepada pemangku kepentingan;
  2. Mengidentifikasi kebutuhan dukungan dari stakeholders berupa data yang relevan dan perizinan yang dibutuhkan terkait dengan penelitian UDARA;
  3. Menampung masukan dan kebutuhan stakeholders untuk penelitian UDARA sehingga dapat meningkatkan dan memperluas nilai kebergunaan dari penelitian; dan
  4. Menentukan key person dari setiap instansi yang terkait penelitian UDARA, sebagai rantai komunikasi keberjalanan penelitian dan pemanfaatan luaran yang dihasilkan.

WhatsApp Image 2018-03-01 at 12.05.18 PM WhatsApp Image 2018-03-01 at 9.16.54 AM

Menurut Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Bapak Oswar M. Mungkasa menjelaskan bahwa proses yang dilakukan dalam penelitian UDARA tersebut harus dapat dimanfaatan atau diimplementasi melalui kebijakan serta dapat dilakukan internalisasi melalui RPJMD, Renstra atau Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

Ke depannya yang diharapkan adalah kegiatan ini dapat bersifat kolaboratif dan melibatkan banyak stakeholders dalam usaha menyelesaikan permasalahan UDARA di DKI Jakarta.

Show More

Related Articles